Home » Ilmu Desain » Warna RGB (Red, Green, Blue)

Warna RGB (Red, Green, Blue)

Posted at Juli 30th, 2013

Banner Wel comeApakah Warna RGB itu?
RGB adalah suatu model warna yang terdiri atas 3 buah warna: merah (Red), hijau (Green), dan biru (Blue), yang ditambahkan dengan berbagai cara untuk menghasilkan bermacam-macam warna.

Kegunaan utama model warna RGB adalah untuk menampilkan citra / gambar dalam perangkat elektronik, seperti televisi dan komputer, walaupun juga telah digunakan dalam fotografi biasa. Sebelum era elektronik, model warna RGB telah memiliki landasan yang kuat berdasarkan pemahaman manusia terhadap teori trikromatik.

RGB merupakan model warna yang bergantung kepada peranti: peranti yang berbeda akan mengenali atau menghasilkan nilai RGB yang berbeda, karena elemen warna (seperti fosfor atau pewarna) bervariasi dari satu pabrik ke pabrik, bahkan pada satu peranti setelah waktu yang lama.

Model warna ini merupakan model warna yang paling sering dipakai. Contoh alat yang memakai mode warna ini yaitu TV, kamera, pemindai, komputer, dan kamera digital.

Kelebihan model warna ini adalah gambar mudah disalin / dipindah ke alat lain tanpa harus di-convert ke mode warna lain, karena cukup banyak peralatan yang memakai mode warna ini. Kelemahannya adalah tidak bisa dicetak sempurna dengan printer, karena printer menggunakan mode warna CMYK, sehingga harus diubah terlebih dahulu.

RGB merupakan model warna aditif, yaitu ketiga berkas cahaya yang ditambahkan bersama-sama, dengan menambahkan panjang gelombang, untuk membuat spektrum warna akhir.[1]

Representasi numerik

Sebuah warna dalam RGB digambarkan dengan menentukan seberapa banyak masing-masing warna merah, hijau, dan biru yang dicampurkan. Warna ini dituliskan dalam bentuk triplet RGB (r, g, b), setiap bagiannya dapat bervariasi dari nol sampai nilai maksimum yang ditetapkan.

Jangkauan ini dapat digambarkan dengan angka dalam beberapa cara berbeda:

  • Dari 0 sampai 1, dengan sembarang nilai pecahan di antaranya. Representasi ini digunakan pada analisis teoretis, dan pada sistem yang menggunakan representasi floating-point.
  • Setiap nilai komponen warna juga dapat ditulis sebagai persentase, dari 0% sampai 100%.
  • Dalam komputer, nilai-nilai komponen sering disimpan sebagai angka integer antara 0 sampai 255, kisaran yang dapat ditampung sebuah bita (8-bit). Nilai ini dapat dituliskan dalam angka desimal maupun heksadesimal.

Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/RGB

 

Wooww, very nice! I want to share this product!
facebook
twitter
stumbleupon
Delicious
reddit
Digg

Write your comment about Warna RGB (Red, Green, Blue)




Related post to Warna RGB (Red, Green, Blue)

stempel cepat

stempel cepat

Pembuatan Stempel Cepat Bisa DITUNGGU

Tutorial Desain Grafis

Tutorial Desain Grafis

Tutorial Desain Grafis dengan Adobe Illustrator, Jadi Master tanpa Master

Cetak Pin Cepat di BSD City

Cetak Pin Cepat di BSD City

Cetak Pin Cepat di BSD Serpong, Harga Murah Best Quality

Cetak Banner Cepat di BSD

Cetak Banner Cepat di BSD

Pesan Banner di BSD Serpong, Tersedia X banner dan Roll Banner dengan ukuran standar

[DATE]:

Kami Sampaikan Terima Kasih Atas Kepercayaan dan Kerjasamanya