Home » Ilmu Desain » Konsep Dasar Desain Web

Konsep Dasar Desain Web

Posted at Juni 29th, 2013

Konsep Dasar Desain WebKonsep Dasar Desain Web sangat perlu untuk dipelajari. Mengingat tidak seorang designer pun yang tidak memiliki konsep saat membuat karya-karya designnya. Terlebih lagi untuk dalam bidang design web, yang pada dasarnya memiliki seluk beluk keilmuan yang cukup luas. Seperti tata letak, pewarnaan, dan efek yang ditimbulkan setelah design selesai. Berikut ini adalah artikel yang membahas konsep dasar dalam mendesign web.

Konsep Dasar Desain Web
A. Konsep Keseimbangan
Sebuah objek yang tidak seimbang, tentulah tidak enak dipandang, apalagi sampai menggunakannya setiap hari. Seolah – olah seperti ada yang ganjil dalam objek tersebut. Secara umum dapat didefinisikan, keseimbangan adalah hasil susunan satu atau lebih elemen dari design yang sama antara yang satu dengan lainnya. Suatu objek dialam mempunyai keseimbangan yang terstruktur, misalkan bentuk simetri pada bunga dan garis pada kulit rumah siput.
Ada dua jenis keseimbangan, yakni:

1. Keseimbangan Simetris (Formal)
Keseimbangan yang meiliki elemen – elemen dengan bobot yang sama pada dua sisi dari garis vertikal imajiner pada halaman, hal ini memberikan kesan kestabilan dan ketetapan. Keseimbangan simetris menghasilkan design yang formal. Cocok diterapkan pada aplikasi perkantoran, iklan yang menekankan pada mutu dan kualitas. Karena keseimbangan ini memberikan efek psikologis pada kepercayaan, kemudahan dalam membaca dan pengoperasiannya.

Berikut gambaran bagaimana konsep dasar keseimbangan simetris

Text Box: HEADER
ISI DAN LAINNYA
(MENU UTAMA / TAMBAHAN, INFORMASI)
Text Box: FOOTER

Gambar: Keseimbangan simetris.

2. Keseimbangan Asimetris (Nonformal)
Jika sedang membandingkan diantara dua sisi design, akan terlihat berbeda di setiap sisi, itulah asimetris. Keuntungannya adalah designnya menjadi lebih dinamis untuk memakai ruang yang masih kosong. Kebanyakan dijumpai pada ketidaksamaan dalam posisi dan intensitanya. Untuk membuat sesuatu seimbang dalam konsep asimetris yaitu dengan menambahkan intensitas untuk mengimbangi perubahan posisi. Penambahan intensitas dapat dilakukan dengan mengubah ukuran, warna dan objek. Meskipun keseimbangan asimetris terlihat lebih bagus dan menarik, tapi biasanya terdapat kesulitan dalam penggunaannya, karena seorang designer harus merancang taat letak dengan sangat hati – hati untuk memastikan bahwa designnya benar – benar terlihat seimbang.

B. Konsep Pewarnaan
Warna pada tampilan sebuah halaman aplikasi, harus tetap menarik karena berhubungan dengan tema aplikasi, dan efek psikologis juga.
Berikut list aspek psikologis warna:
Tabel 2.1 Aspek psikologis warna.

WARNA MAKNA POSITIF MAKNA NEGATIF
Merah Kekuatan, energi, tenaga, hasrat, cinta, dengan sedikit sentuhan warna merah memberikan efek semangat Bahaya, kekejaman, api darah, terlalu banyak warna merah berarti terlalu agresif
Merah Muda Kewanitaan (feminim) dan masih remaja Naif, kelemahan, kekurangan
Orange Kehangatan, ceria, semangat, keseimbangan, menimbulkan getaran, saat ini merupakan warna yang paling sering dugunakan Meminta dan mencari perhatian
Kuning Sinar matahari, emas, kekayaan, keberuntungan, kehidupan Tidak jujur, pengecut, cemburu, iri hati, penghianatan, penipuan, kebohongan, resiko, sakit.
Hijau Alam, lingkungan hidup, pertumbuhan, stabil, santai, kesuburan, harapan Kecemburuan, nasib buruk, iri hari dan dengki
Biru Kepercayaan, kesetiaan, kedamaian, harmonis, kebersihan, percaya diri. Kesedihan, kedinginan, depresi, penurunan vitalitas.
Ungu Kebangsawanan, spiritual Kesombongan, duka cita
Coklat Tanah, bumi, netral Tumpul, kotor, membosankan
Abu – abu Modern, cerdas, bersih, kokoh, masa depan, intelektual Umur tua, kesedihan, bosan
Putih Kesucian, kebersihan, kemurnian, kesederhanaan, damai, kebaikan, disiplin, perawan, perkawinan, musim dingin, musim salju. Kematian (budaya timur), dingin, mandul, steril, klinik, hampa
Hitam Kekuatan, keanggunan, kemewahan, misteri, kecanggihan, kemakmuran, kepuasan, pengalaman, keras, kokoh, sangat kuat. Kematian (budaya barat), takut, setan, kesedihan, duka cita, marah, anonim, penyesalan

Sedangakan jenis warna dapat dijelaskan sebagai berikut:

1. Warna Primer
Warna ini berdiri sendiri, tidak bisa dicampurkan dengan warna lain. Terdiri atas merah, kuning dan biru.

2. Warna Sekunder
Warna ini dibuat dengan mengkombinasikan dua warna primer. Warna sekunder terdiri atas orange, hijau dan ungu. Warna ini terletak diantara warna primer.

3. Warna Tersier
Merupakan jenis warna menengahwarna ini dibuat dengan mengkombinasikan warna primer dengan perbatasan warna sekunder. Terdiri atas kuning – hijau, kuning – orange, merah – orange, merah – ungu, biru – ungu dan biru – hijau. Warna ini terletak diantara warna primer dan sekunder yang digunakan.
Keserasian perancangan tampilan anatar muka aplikasi dapat didefinisikan sebagai bagin dari susunan yang menyenangkan, bisa berwujud musik, puisi atau warna. Juga bisa memanjakan mata bagi user yang menggunakan.
Metode pemilihan warna:

1. Metode Warna Beruntun
Terdiri atas tiga susunan warna yang letaknya saling bersebelahan dan biasanya ada satu warna yang menonjol (dominan). Metode ini menghasilkan warna lembut yang serasi, misalnya kuning, kuning – orange dan kuning atau orange, kuning – hijau dan hijau.

Gambar: Contoh penggunaan dari metode warna beruntun.

2. Metode Warna Berlawanan
Terdiri atas dua susunan warna yang letaknya saling bersebrangan contohnya biru dan orange. Metode ini menghasilkan nuansa yang lebih hidup (kontas tinggi).

Gambar: Contoh penggunaan dari metode warna berlawanan.

3. Metode Warna Segi Tiga
Sesuai dengan namanya, terdiri atas tiga warna yang letaknya ditentukan dengan bentuk segi tiga. Metode ini menghasilkan warna serasi, misalkan biru, merah, kuning.

Gambar: Contoh penggunaan dari metode warna segi tiga.

( Oleh: Hairul Azami , ditulis saat menantikan beresnya proyek – proyek yang lagi numpuk )
By. http://www.dremi.info/articles/konsep-dasar-dalam-design-web.html

Wooww, very nice! I want to share this product!
facebook
twitter
stumbleupon
Delicious
reddit
Digg

Write your comment about Konsep Dasar Desain Web




Related post to Konsep Dasar Desain Web

stempel cepat

stempel cepat

Pembuatan Stempel Cepat Bisa DITUNGGU

Tutorial Desain Grafis

Tutorial Desain Grafis

Tutorial Desain Grafis dengan Adobe Illustrator, Jadi Master tanpa Master

Cetak Pin Cepat di BSD City

Cetak Pin Cepat di BSD City

Cetak Pin Cepat di BSD Serpong, Harga Murah Best Quality

Cetak Banner Cepat di BSD

Cetak Banner Cepat di BSD

Pesan Banner di BSD Serpong, Tersedia X banner dan Roll Banner dengan ukuran standar

[DATE]:

Kami Sampaikan Terima Kasih Atas Kepercayaan dan Kerjasamanya